Kisah-Kasih di Tanah Perantauan-Tanah Daeng




Aku merasa terbebas dari rumah saat aku berhasil lolos masuk di perguruang tinggi yang bukan di kota tempat ku tinggal .Dari dulu sebenarnya aku pingin banget sekolah di luar kota karna jujur gak betah dirumah pengen rasain gimana sih jauh dri orang tua dan mandiri tapi gak diizinkan, banyaklah alasan parno mereka.Gimana.. caranya ceritain?Gini.. kayaknya aku bakalan curhat soal duka-duka aku semasa merantau. Aku bukannya buat kalian mikir merantau itu hal yang keras, bukan gitu.. tapi aku Cuma mau nunjukin bahwa merantau itu lu kayak dapat merasakan beratnya kehidupan yang bisa lu jadikan sebagai pelajaran hidup dimasa depan lu atau keturunan keturunan lu
2017
Aku ingat waktu beberapa minggu yang lalu aku naik grabcar mau ke kos sahabatku, Dilla.Padahal tuh waktu itu aku baru nyampe di makassar setelah perjalanan 24 jam lebih, eh kayaknya 26 jam deh. Padahal pengennya istirahat enak nih tapi perasaan sedih yang masih belum mampu menerima kenyataan bahwa aku mesti jauh lagi sama keluarga yang cuma bisa ngerasa waktu bersama mereka slama dua mnggu doang.. mesti cpat cpat balik lagi di kota perantauan pertama aku, makassar.
Jdi untk ngilangin prasaan galau ku mendingan aku ke Dilla have fun d sna. Jadi pasnya smpai rumah, beres beres dikitlah langsung deh cusssss…Driver grabcarnya cewek cina aku tebak umurnya 24 tahun lebih lah. Jadi aku duduk di kursi dpan sampingnya soalnya dia yg mnta katanya kan sma sma cwek kok. jadi aku iyakan krna mkr sma jga kan sma sma cwek kok, kalo cwok aku mna mau kcuali alasan takut ketangkap bentor.
Mbaknya ngajak crita padahal akunya pemalu jrng bisa bcara sma orng yag gak d knal tapi aku slalu mncoba sok asik gtu biar gak krik krik dn gak d bilangin anti sosial.
Jdi.. kata kata mbaknya atau lbh tpatnya aku anggap wejangan dri mbaknya yg paling aku ingat tuh mbaknya bilang gni k aku..
Dek ini tuh kota besar.. lebh kejam dri ibu kota jakarta.. ada yg blang kota jakarta tuh kayak ibu tiri tpi nyatanya dek kalo mnurut aku makassar lbh kras dri jakarta.. kalau jakarta kan bnyk orng jawa dn betawi orngnya ya lumayan sopan dan baik tpi dimakassar orng orngnya lmayan kras kita tau sndiri sukunya apa.. malah orng jakarta takut sma orng makassar
Aku ngedengerin apa yg di bilang mbaknya, aku setuju sma mbaknya. Aku udh prnah k jakarta walaupun cma smingguan krna ad lomba ya emang gak ngerasahin sekeras apa sih hdup dsna. Tapi aku stuju kok di blang mbaknya.. hdup d kota besar kayak gni apa lgi merantau emang cobaan di khidupan paling berat dek dekku skalian
.Mental sma nafsu mesti di jaga kuat kuat.. kalo soal uang, ada Tuhan yg udah ngatur kamu gak prlu takut untk mskin di kota orng sndirian psti bakalan ada kok bantuan dtng krna it sdh rezekimu tapi mental sma nafsu kamu sndiri yg ngatur.
Jadi ingat lagi waktu pertma kali brangkat ksni. Aku ceritain ya.. please jgn bosan.
2014
Yg nganter aku ke makassar mama aku, papa jaga rumah dn ad yg mau di selesaikan jga kalo kakak kan kerja. Wkatu itu kami blm punya mobil, 2014. Tapi skrng 2016 alhamdulillah udah punya. Jadi waktu itu papa minjem mobil cma buat nganter aku sma mama sbnrnya bsa make mtor aja tpi mngkn papa mau buat aku spesial kali yaa..
Jadwal keberangkatan bus yg kmi tau tuh jam 8 krna emang slalu brangkatnya d jam itu. Jadi kami ke terminal jam sblm jam 8 jam 7 lwatlah krna kota kecil jdi gak ad istilah macet.Ckup lma kami nunggu smpai mau jam 9 trus tiba tiba ad orng nanyak ke kmi. Mngkn dia heran sma curiga gtu
Mau kmna pak?Makassar pak, jawab papakuLoh bukannya busnya sdh brngkat jam 7 tdi? Sontak kami kaget dgarnya. Untk memastikn lgi bpknya nanyak lgi ke temannya dan temanya bilang ia udh brngkat tdi pak.Jam brpa?. Kami jelas hran.. kami kan gak terlambat dtngnya sblm jam 8.Jam 7 kaykanya pokoknya pagi pagi sekali pak.. coba ke perwakilan pak atau tlpn supir atau orng di perwakilan pak.O ia ia makasih banyak pak
Tanpa arahan liat papa msk dlam mobil aku sma mama jga ikut masuk. Jarak tmpuh dri terminal ke perwakilan sdkt jauh jadi papa langsung ngebut trs nyuruh aku tlpn sopir bus sma orng di perwakilan. Tapi gak ad yg angkat, kampret kan. Kita ditinggalin tanpa dikash tau. Sesampainya diperwakilan beneran kita ditinggalin terus pekerjanya dsna gak mau disalahin mestinya kan ngasih pesan dlu kek kalo mau brngkat jam sgtu.. papa sma mama ngamuk dek dgn aksen manadonya mama, kamu bisa ngebayanginnya.. aku gak mampu krna udah biasa.
Papa yg pesiun tentara jelas kluarlah sfatnya yg tgar dn brani. Aku diam aja jdi anak baik.Trnyta yg ktinggalan bkn cman aku tapi ada slh stu ibu ibu juga dn bapak bapak yg ngamuk ngamuk jga di tlpn trpksa tiketnya di kembalikan stngahnya.Jdi kami smua sma ibu ibu itu nebeng di mobil ngejar bisnya yg ternyta udah wuih jauh banget bsa d blang udh bkan d kota poso lah.. aku lupa d mna.. kebayang gak kalo hri it papa nganternya pake mtor bkan mobil? Berasa udah di buat gtu critanya..
Nah trus.. di perbatasan ada perbaikan jalan jdi buka tutup jalan gtu.. itulah alasannya knpa busnya brangkat pagi banget tp gak bilang. Buka tutup jalannya tuh jam 8 sma jam 12 kalo jam 8 udh d tutup lgi trs dbka jam 12 jdi pasti bsa nebaklah disana udh d tutup jalan smntra kta ngejar busnya kalo nunggu jam 12 bsa bsa gak jdi brangkat smntra aku jga kepepet msti brngkat utungnya sopirnya udh angkat tlpn jdi papa sruh nungguin kta dsna.
Aku ingat perjuangan papa waktu itu.. gimana ya cra jelasinnya.. ia gtu deh usaha papa spya kta bsa lwat.Waktunya udh smpai di perbatasan kta smpat nunggu sbntr krna macet trs papa jalan deh ke ptugasnya cba deketin ptugasnya. papa juga jelasin msti cpat cpat nyusul bis krna anaknya mau brngkat tes kuliah.. aku terharu banget liat usaha papa.
Awalnya ptugasnya gak mau dia takut sma warga yg lain dan inikan sdh jdwal tutup.. sbnrnya kta bsa ngerti kalo gak kepepet gni kta jga bakalan ngerti tpi mau gak mau kita mesti maksa. Agak lama meminta akhirnya ptgasnya mau.Jdi kami jalan lagi tpi lmyan plan krna jalanan licin dn bnyk alat berat jga tumpukan bebatuan yg runtuh dri tebing. Ada bbrpa ptgas yg hran knpa ad mobil lwat tapi papa lnsung jwab. Sy mau antar anak sya kuliah ketinggalan bis .Pokoknya stiap liat ptgas yg mau nahan papa jwabnya gtu trus. Aku jadi malu malu banget liatnya ya ampun aku kasih penghargaan my dady is hero deh..
Alhamdulillah kmi bsa lwati tutup jalannya dgn pandangan sinis dri bbrpa kendaraan yg mau lwat tapi gak bisa hahahaha kecuali buat alasan yg jelas kayak papaku.Kami ngelanjutin perjalanan mengejar bus lagi deh. Jauh banget sampe mikir knpa gak skalian nganter aja hahahah. Akhirnya nyampe jga.. bisnya lmyan lma nunggunya tpi mrka gak nyalahin kta krna kalo smpa mrah marah k kta.. uuuhh berhadapanlah sma papaku sma mamaku jga dong hahahaha.Aku smpat krim psan ke papaku aku lupa apa isi psannya kalo gak salah
Hati hati dijalan plan plan sja krna d jln plang.
Hri tu aku brubah jdi romantis pdahal gak prnah banget kyk gtu. Aku ngerasa aku dpat msa sulit aku sblm brangkat ke kota perantuan. Smpat psimis aku bakalan baik baik aja apa enggak ya..Kehidupan kuliahku jujur kalo soal nilai lancar aja.. kalo soal ilmu lumayalanlah tapi gak pinter amat tetap pe’a.
2014
Cerita semasa perantuanku gak berhnti smpai d stu.. aku ingat lagi soal aku mendaftar di STAN Jadi om yang aku tnggali rmahnya di makassar itu pensiunan pajak. Orang tuaku yg liat kesuksesannya brhrp aku bsa kuliah dsna jga krna stlah lulus kuliah kta punya ikatan dinas dn ditambah lgi aku lulusan anak ips dgn nilai ujian standar, gak buruk gak jga membanggakan.
Jdi aku sma empat sahabatku dengan pedenya dn berpegang teguh pada entah keyakinan apa kayaknya pada keberuntungan aja sma sma mendaftar di STAN. sampailah kita brmpat di makassar dgn crita yg berbeda. Hari pendaftaran akhirnya dtng. Pakai baju rapi, tas baru, jeans baru, sepatu dri kakak dan bbrpa surat yg kyknya udah lengkap sdh trisi dlam tas.
Aku, fia sma dilla sma sma brangkat dri rmahku naik taxi. Kita patungan.Akhirnya giliran kami mengambil dn melengkapi persyaratan.Tapi ternyata backgorund ftoku salah.. mestinya make krudung pth baju pth tapi aku malah make krudung htam bju putih.
Jdi aku batal dftr hr itu tpi kakaknya msh bsa bsk kok walaupn bkn jdwalmu dek jd bsk dtng lansung aja ke kakak trs blang adek yg kmrn.Sbnrnya aku kcwa. In jga bkn keteledoranku.. kakaku yg blang ftonya make htam pth jdi kuikuti trnyta salah.
Fia sma dilla udh dftr akunya msti blik bsk untngnya bsk msh ad dewi dn tia tp ktnya fia bkln ikut jga kok kcuali dila.Jdi aku kmbali dgn tgn kosong dn stlah kmbali k rmah dgn segan aku mnta d antarin sma tanteku ke studio.
Smpat kena omel sih tpi gak peduli ah.. udah biasa kena omel.Bsknya, hari kedua daftar. Dan aku lupa sesuatu.. aku lupa apa yg aku gak bwa waktu itu jdi trpksa aku mesti kmbali ke rmah yg jraknya sumpah jauh banget. Aku naik taxi brdua sma tia krna ktnya dia mau balk dluan jdi skalian aja sma sma nnt dia mnta jmput d rmahku spya aku jga bsa patngan taxi sma dia. Kembalinya k rmah sbnrnya aku diam diam mncba mnymbunyikan kebodohanku ini tpi ketahuanlah sma tanteku.. kena omelah aku lagi.
Tpi utngnya tanteku nganterin aku smpai k tmpat tes lgi dgn muka kusutnya (aku smpat miikir iklas gak sih) krna takut ngerepotin lagi jdi aku nyuruh plang aja tanteku sisanya biar aku yg urus.. planglah tanteku dgn sdkt krang yakin.Dan ternyata nama aku di ktp sma nama dmna ya wktu itu kurang satu.. jdi nama aku yg aku lupa di srat apa, lengkap bngt nama aku nurmili kadimin marto smntra di ktp cman nurmilia.. aku tau ktpnya memang slh tpi aku pkr gak bakalan jd msalah trnyta ptgasnya gak mau trima jdi mrka srangkan utk buat skck.Melayang layangkah pikiran di perasaanku.
Mataku berkaca kaca.. suaraku suak dan aku capek pengen nangis tapi sayangnya gak bisa.Aku plang dgn tangan ksong lagi smntra tia dan dewi yg hr itu jdwal dftr merka plang dgn kebahagiaan dpt nomor ujiannya.Tpi lamayan tebyr aku d tarktir sma bibinya dewi smpai aku prtama kalinya dlm hdupku merasakan bgmna itu kekenyangan smpai kayak mau muntah.Pulangnya aku jelasin smua masalah aku ke mama papa kakak lalu papaku meneruskanya ke tanteku dgn keinginan temenin aku urus yg kurangnya itu.
Jdi besok paginya dengan buru-buru dan kekuatan super ibu rumah tangganya di keluarkannya oleh tanteku. Dengan buru-buru dia nganter kedua anaknya ke sekolah sampe gak sempat masak yang penting ada mie sama telur, sisanya biar suaminya yang urus sama anaknya yang udah bisa masak mie sendiri. Itu semua Cuma bisa demi ngebantuin aku urus skck aku, si anak cewek yang baru lulus SMA yang masih PE’A pake BANGET.
Jadi pagi itu kita ngurus ke kantor keluarahan yang jaraknya lumayan jauh.. kita mesti masuk lorong-lorong kecil nyari jalan pintas supaya gak kena macet dan cepat sampai. Gue dengan perasaan gak enak diam-diam aja dibelakang tante aku yang jadi pengemudi. Sesampainya disana gak terlalu lama akhirnya surat yang kami minta selesai krna sedikit godaan dari tanteku aku masih cantik dan gaul.
Jadi, kita otw dengan cepat ke kantor polisi urus skcknya disana.Tapi sebelumnya tanteku jemput anaknya. Aku maklumilah gimana perhatiannya orang tua pada anakanya. Jadi kita gotik, menuju kantor polisi.Sesampainya dikantor polisi surat aku diterima tapi kalo pengurusan skck gak bisa di sini mesti di polrestabes. Dan itu tempatnya di ujung kota makassar! UJUNG KOTA MAKASSAR! Sementara rumah kita di TENGAH KOTA MAKASSAR! Jauh buanget kan!Tapi krna udah capek bawa mtor seharian jadi tanteku minta besok aja kita kesana, aku iyain.. malah tanpa tante tanyak emang lebih baik besok aja. Jadi kita bertiga pulang tapi singgah dulu ke warung beli minuman krna tanteku udah kehausan. Terus tuh.. krna mau dapet jalan cepat jadi tanteku lewat deh itu jalan perumahan dan kita sempat kesasar hahahaha…
Hari ketiga
Kitapun menuju ke kantor polisi yang ditujukan tapi sebelumnya tanteku sarankan aku pergi cuci foto lagi, soalnya dari pengurusan surat-surat kemarin kayaknya udah banyak banget fotoku yang kepake yaa tanteku jaga-jaga aja kalau ternyata gak cukup krna nanti malah kalang kabut lagi masalahnya jauh banget lagi mau kemana-mana gitu. Ya udah jadi kita pergi cuci foto lagi, terus lanjut jalan ke kantor polisi.Suasana makassar masih sama beberapa hari yang lalu, PANAS! MEMBAKAR TENGGOROKAN DAN TENAGA! Aku yang di bonceng aja kepanasan dan capek apa lagi si ibu-ibu yang udah berumur ini! Maafkan aku keponakan mu yang gak tau diri ini.Gak butuh waktu lama buat nunggu hasil fotonya. Dan gak butuh waktu lama untuk sampai karna emang jaraknya gak jauh amat. Tapi kami mesti nunggu beberapa menit krna antrian cukup panjang dan lama juga masih ada prosedur yang mesti diselesaikan, dari pengisian biodata, cap jari, terus ngisi data-data yang lainnya, tunggu data-datanya keluar.
Jadi sekitar sejaman kita nunggu dan krna jam kantornya udah mau tutup krna udah mau sore jadi kita disuruh balik besok aja.
Hari keempat
Skck aku kelar, begitupun dengan pengisian pendaftaran aku. Dihari itu juga aku menyelesaikannya.
Perjuangan keponakan sama tantenya yang sampai sekarang kalau aku ingat berasa udah melakukan dosa besar padanya.Tapi hasilnya dari perjuangan aku itu.. aku gak lulus.2014Kayaknya kedukaan aku awal merantau tidak berhenti disitu.Aku gak lolos tes sbmptn, gak lolos tes umm di universitas ternama kedua di kota makassar.
Bukannya aku bangga ngeumbar hal bodoh aku ini, tapi beginilah kenyataan pahit yang entah gimana caranya gue bisa ngehibur diri waktu itu yang mesti dengan kuat hati nerima kenyataan itu.
Gue berhari-hari nangis dikamar, otomatis berhari-hari pula mata gue bengkak. OK! Gue sama keluarga gue bisa nerima hasil kemarin yang menyatakan gue gak lolos STAN tapi gak lolos SBMPTN?! Dalam sehari dengan satu berita itu seperti telah ngeubah hidup gue menjadi seorang yang masuk kejurang tanpa ada yang peduli, seperti gue telah membom indonesia dimana gue dimaki-maki. Gue ngerasa kayaknya gue patut dihukum mati, gak mesti gue ada dibumi ini!Gue sempat ngalamin PMS dua kali dalam sebulan, menurut gue waktu itu hal yang gak wajar krna selama ini soal PMS gue normal-normal aja, kali ini yang gak normal. Akhirnya gue tambah stress BERAT!Mama gue tau soal PMS gue yang tiba-tiba gak normal krna tante cerita kalo gue dapet dua kali. Dengan lembut mama gue bilang “mungkin krna stress” jujur waktu dengar kalimat itu gue pengen meluk dan mencurahkan isi kestressan gue selama ini. Gue ngerasa sedih dan terharu liat mama yang ternyata peka sama yang gue rasain.
Akhirnya dengan dukungan lagi tapi gue malah ngerasa kepasrah dan titik terakhir seluruh keluarga gue akhirnya mereka nyuruh gue daftar disalah satu kampus di makassar yang menurut gue gak terlalu terkenal, gue aja taunya nanti pada saat itu.Dan gue lolos, gue sempat mimpi baik sih jadi gue mimpi kakak gue bantu gue naik ketebing gitu eh pas beberapa harinya pengumuman kelulusan ternyata nama gue ada. Gue mikir, kampus ini jodoh gue. Jadi gue dengan iklas nerima kenyataan gue ternyata harus kuliah disini.
2014
Jadi ingat waktu tahun 2014. Udah dua hari gue bolak balik dikampus ini buat selesaikan pendaftaran kembali. Hari ini gue tes kesehatan gitu. Dan beberapa hari yang lalu kakak gue ke makassar Cuma buat jalan-jalan dan nemenin gue tes jadi kakak gue beliin gue sepatu buat kuliah sama keluar-keluar. Udah beberapa hari dibeli gue belum mau make tapi hari ini gak tau kenapa gue mau make tapi gak tau kenapa lagi nih..
ada perasaan lain yang bilang jangan dulu dipake tapi gue bandel sama perasaan gak enak gue, jadi gue pake. Dengan hati yang senang, kerudung yang di model lingkar sana lingkar sini biar keliatan oke, pakaian yang rapi gaya anak kuliahan jaman sekarang gue anggap gue siap tes kesehatan hari ini. Lumayan lama gue nunggu buat kedapetan giliran tes krna gak bisa dipungkiri banyak banget calon mahasiswa yang mau tes hari ini, akhirnya gue nunggu sampai istirahat makan siang, dzuhur.
Gue cerita singkat dikit, selama gue pendaftaran lagi dikampus gue selalu perginya sendiri. Gue sempat menderita dan sedih krna liat kemirisan gue. Banyak yang datang bareng mama atau papanya, bareng temennya sementara gue datang seorang diri yang masih polos dan ongol. Gue bener-bener urus diri gue sendiri, bawa diri gue sendiri habis ini ngapain habis ini kemana, gue bingung.
gue naik pete pete sendiri (dimakassar angkotan kota namanya pete pete) gue beneran seorang diri waktu pengurusan dan gue ngerasa kesusahan krna gue gak pinter bersosialisasi. Nah waktu dalam tes ruang kesehatan entah kenapa perasaan gak enak gue sempat muncul lagi, gue sempat mau simpan didalam sepatu gue. Tapi gue mikir lagi, nanti orang-orang bilang gue sombong mentang-mentng sepatu baru ya emang mereka gak tau itu sepatu barru apa enggak sih tapi jadinya gue kembali gak memperdulikan perasaan gak enak gue.
Pasnya waktu dzhuhur tiba artinya jam istirahat gue ikut keluar krna gue kelaparan dan haus. Saat gue keluar lalu nyari sepatu..Gue gak menemukan sepatu gue! Banyak banget tumpukan sepatu yang berhamburan tapi gue gak dapat sepatu gue! Padahal gue nyarinya kayak tuh pengulung ngorek ngorek sampah.
Tanpa gue sadar gue malah nangis kayak anak kecil. Karna yang gue mikir..Itu sepatu pemberian kakak gue yang gue sayang, gue baru pake sekali eh ilang. Gue mencoba menjaga sepatu pemberian kakak gue itu tapi nyatanya dalam itungan sejam malah ilang dan gue takut dimarahin.
Krna kasihan liat gue, beberapa petugas bantu cariin tapi gak bisa dapat. Akhirnya kita semua sepakat bahwa sepatu gue di CURI!Krna kasihan lagi liat gue yang udah bercucuran air mata beserta ingus yang ikut berlomba turun bersama air mata merekapun ngasih gue makanan kotak.. jujur ya.. gue sempat senang dan ketawa dalam hati, krna gue dapet makanan gratis yang enak disaat susah gini dan kere.
Krna ada salah satu petugas yang kayaknya gak tega liat gue bakalan nyeker akhirnya petugas itu beliin gue sendal jepit. Sebenarnya gue gak enak krna dia mesti keluarin duit hanya untuk beliin sendal untuk orang yang gak dia kenal tapi gue lebih gak tega sama dompet gue yang mesti keluarin duit buat beli sendal hahaha.
Setelah makan, gue akhirnya lebih milih untuk pulang aja krna kestressan gue menghadapi hari sial gue dihari itu. Tadi pagi gue brangkatnya pake sendal seharga 3ratus baliknya gue pake sendal seharaga 20 rbu, lucu banget kan tuh..
Selama perjalanan pulang di petepete orang orang pada natap gue aneh.Serah loh pada.. gue gak peduli.Dan kehilangan sepatu gue alami lagi saat gue telah berkuliah disemester tiga tahun 2015.
Anehnya, sepatu gue ternyata ada yang mirip tapi gue tau itu bukan sepatu gue. kayaknya dia sengaja deh nuker sepatu gue atau gak sadar? akhirnya setelah menunggu selama 30 menit sedikit lagi maghrib, gue terpaksa pake aja tuh sepatu dari pada nyeker.
Apa yaa.. yg membuat aku rindu tinggal di kota prantuan?Aku rindu disaat gue mesti jauh dari orang tua gue.. krna hanya dengan itu gue bisa merasakan rindu, kawatir dengan kesehatan orang tuaku disana, dan lebih bisa menghargai mereka. Dan aku seperti telah menjadi setengah manusia saat aku merasakan kerasnya kehidupan. Dari setiap kejadian kejadian seperti diatas atau kejadian kejadian pahit nya aku.


Komentar