Sholat di Masjid



jujur aja selama ini aku kalo sholat dimasjid itu hanya pada saat bulan puasa, sholat ied, waktu mengaji di masjid dulu, dan waktu sekolah tiap kali ada jadwal sholat kalo ditanya sholat di masjid saat lagi dirumah misalnya kan maghrib itu sama sekali gak pernah.dan tadi adalah pertama kalinya dalam ingatanku aku sholat di masjid, sholat maghrib. dari dulu aku sering membayangkan diriku yang mampu melaksanakan sholat di masjid tapi gak pernah terlaksana.kalian bisa rasa gak gimana hati kalian saat berjalan menuju masjid?

aku antara seneng dan terharu. kenapa? seneng akhirnya bisa sholat dimasjid dan terharu karna keinginan aku untuk sholat di masjid bisa aku lakukan. dirumah aku yang tempati yg di kota perantauan dan di kampung halaman agak jauh dari masjid jadi ya rada rada malas ke masjid dan rumah yang aku tempati di tempat kkn ini masjidnya pas di depan rumah jadi menurut aku ini bukan suatu kebetulan tapi suatu yang telah di rencanakan.waktu masuk di masjid aku jadi ingat kampung halaman dan moment sholat di masjid saat bulan puasa, aku ngerasa krna gak terbiasa sholat di masjid jadi pasnya masuk di masjid rasanya kayak lagi di bulan puasa kayak mau sholat taraweh.jamaahnya agak sedikit terus rata rata nenek nenek semua ada sih yang ibu ibu kalo anak anak atau remajanya gak ada tapi aku gak tau kalo jamaah laki lakinya.waktunya aku duduk nunggu waktu sholat aku tiba tiba ingat waktu aku masih kecil dulu kayaknya waktu aku sd deh eh tk kayaknya.. aku udah lupa.. 

pkoknya waktu itu kakak aku masih sekolah smp yaa eh sma deh kayaknya.. aku lupa juga ya pokoknya lagi waktu masjid di kampung halamanku belum di renovasi seperti sekarang ini.jadi dulu tuh ada tradisi setiap kali sholat sama berdoanya yaa.. pkoknya kalo udah mau pulang nah anak anak yang kecilnya atau remaja remaja tuh pasti jalan dulu dari ujung kanan sampai ke kiri di depan ibu ibu atau nenek nenek sambil cium tangan mereka.aku yang waktu itu masih kecil aku anggap itu hal yang merempotkan yaa kita mesti nunduk terus cium satu satu tangan mereka dari ujung kanan sampainya selesai gimana gak capek kan.. 

tapi sekarang aku nyadar ternyata tradisi itu barmakna bagus untuk kita, sebagai tanda untuk saling menghormati sama yang lebih tua dan menjalin silahturahmi dan aku percaya deh hati juga jadi kayak ada seneng senengnya misalnya nih ya kalo si ibu ibu nya sempat jengkel sama kitanya tapi pasnya kita cium tangan mereka pasti rasa jengkel mereka reda atau hilang. tapi sayangnya tradisi ini gak berlangsung lama aku lupa kapan tradisi ini gak di teruskan lagi.dan saat imam sudah memanggil untuk sholat aku yang tadinya duduk di saff kedua bareng temanku satu orang dan bersiap berdiri mau sholat tiba tiba ada dua orang nenek bediri di depan kami dan menaruh sajadah memanjang terus membiarkan dua tempat kosong jadi kami peka dong ini pasti untuk kami, jujur aja aku senang banget dan ngerasa terhargai ya maksudnya ini nenek nenek loh biasanya mereka lebih memilih make sajadahnya seorang diri meskipun udah ada karpet ya kami pun tetap gak mempermasalahkannya makanya ini wah banget untuk aku, 

setelah selesao sholat bersiap untuk pulang aku mencium 4 tangan nenek nenek itu yang bisa aku jangkau termasuk nenek nenek yang udah mau berbagi sajadah denganku dan sambil memberikan senyuman kecil sebagai tanda terima kasih..

Komentar