Happy To Me

30 desember 2017
Hari ini hari lahirku yang ke 21 dan yang terpikir olehku (bahkan sudah lama sih terpikirnya) bahwa aku udah semakin tua! 21?!
hei itu umur yang bisa di bilang udah mulai tua! memasuki umur dua puluh tahun dimana berarti udah berkepala dua! tapi yang aku selalu syukuri sama Allah, Allah masih mengizinkan aku (walaupun aku sering berbuat dosa) tinggal di dunia ini, dunia yang bernama Indonesia, Allah masih memberikanku kenikmatan kesehatan untuk merasakan bagaimana hidup menjadi manusia normal diatas tanah dibawah langit yang bernama bumi, Allah masih membiarkanku berada dalam keluargaku untuk merasakan kasih sayang mereka.. Allah masih menyayangi ku, yaa.. itulah intinya.
jadi dalam tulisan aku ini di hari ulang tahun aku, aku mau menuliskan rasa syukur aku selama aku ulang tahun.. menuliskan apa kebahagiaan yang aku rasakan selama aku ulang tahun. ini semata-mata sebagai wujud rasa syukur aku kepada orang-orang yang telah berbuat baik di hari ulang tahunku atau bersusah payah di hari ulang tahunku lebih jelasnya darinya yang memberikan surprise, kado dan memeriahkan ulang tahunku, menyayangiku, dan telah berusaha ada disaat hari ulang tahunku dan yang terakhir yang tidak pernah tertinggal yang selalu mengucapkan ulang tahunku. thank you all.. thank you so much.
aku bersyukur disaat ulang tahun aku jadi sadar bahwa aku juga memiliki kebahagiaan dan karena di hari ulang tahunku aku merasa jadi seseorang yang sempurna ini karena orang orang terdekat ataupun jauh yang tidak dikenal misal facebook yang telah memberikan perayaan kecil atau pesta untukku. tapi kadang kala ulang tahunku tidak selamanya dirayakan dalam bentuk surprise atau pesta, aku juga pernah berada disaat yang semuanya terasa biasa-biasa saja, atau tidak ada yang spesial di hari ini padahal Allah pun tahu kalau ini hari lahirku, HARI LAHIRKU!
dan inilah yang membuatku sadar bahwa aku harus mengerti tidak selamanya ulang tahun harus dirayakan atau spesial kadang kita harus menerima dan mengerti cukup dengan doa dan lakukan aktifitasmu seperti biasa saja, dan ini membuatku terbiasa saat di hari ulang tahun tapi rasanya seperti hari biasa. aku pikir aku tidak boleh jadi orang yang terlalu sering menangis dan manja hanya karena tidak ada yang memberikanku kue di hari ulang tahun atau ucapan..
aku pikir itu hanya akan membuatku orang yang egois, aku harus memahami bagaimana apa-apa yang akan terjadi di dunia dan duniaku bahwa tak selamanya yang kita inginkan, kado atau perhatian akan selalu kita dapatkan.
dulu aku selalu berpikir kenapa aku mesti lahir di tgl 30 dan itu bulan desember, kenapa? dulu aku merasa ini salah, karena tgl 30 itu tgl tua dan bulan desember itu akhir bulan. apa yang salah? itu adalah tgl dan bulan keuangan mulai menipis. aku yang dulu punya banyak keinginan yang ingin punya ini dan itu (yang sebenarnya gak penting) tapi karena harus mengerti keuangan orang tua terpaksa harus menahan diri walaupun ngegondok dalam hati tapi sayangnya aku gak bisa marah dan nangis.
tapi lama kelamaan aku sadar bahwa hari ulang tahun aku ini memiliki makna, tgl dimana akan mulai ditutupnya tahun disaat itu (walaupun masih ada tgl 31 sih), bulan dimana akan menjadi penutup di tahun itu, hari kelahiranku adalah hari penutup atau akhir dari tahun itu dimana segala sedih, senang pokoknya yang terjadi di tahun itu terangkum di tgl dan bulan lahirku, menjadi tgl dan bulan tempat yang akan membuat manusia memaknai yang terjadi dikehidupannya selama ditahun itu.
tahun kemarin di tahun 2016 aku mengumpulkan ingatanku darinya bulan januari, mengumpulkan ingatanku mengenai perasaan yang aku alami selama di tahun itu dan aku merenunginya. ini yang aku rasakan, ini yang terjadi, menjadikan aku belajar dari yang terjadi di tahun itu. dan itulah sebabnya aku bersyukur akan hari ulang tahunku, aku tahu makna dari tgl dan bulan hari lahirku. aku kembali bersyukur. terima kasih Ya ALLAH.
sekarang aku tiba-tiba ingat waktu aku masih sd aku pernah diam-diam nangis di hari ulang tahun didalam kamar karena gak bisa minta dibeliin kado (aku lupa) dan sangking gak bisa ngamuk aku malah coret coret dinding dibalik papan kepala kasur.
terus aku ingat lagi, ini masih waktu sd kelas 3 kalo ini aku ingat banget di hari ulang tahun aku, aku minta buku diary sama mama dan papa.. awalnya aku bilang ke papa supaya papa ingetin mama tapi ternyata jadinya aku tuh kayak minta sama mama dan papa jadi aku sempat seneng dalam hati bakalan dapat dua buku diary tanpa ngasih tau kemereka maksud aku tuh gimana nah pas sorenya aku lupa aku lagi dirumah atau ikut papa, ternyata papa beneran beliin aku buku diary itu dan hari itu mama lagi di kodim lagi ada kegiatan olahraga untuk ibu ibu persit terus pasnya mama pulang mama bilang mama gak sempat beli karna tokonya tutup aku sempat sedih karna gak jadi dapat dua tapi tetep ada senengnya karna tetap ada hadiah buku diary tapi aku juga sempat terharu karena sampai segitunya usaha mama.. ngerti gak? mama sehabis pulang dari olahraga langsung ke toko untuk beliin aku hadiah dan ternyata tokonya tutup.. aku malah kasihan karena pasti mama capek banget tapi masih ngenyempetin.
aku ingat perayaan ulang tahunku pertama yang dirayakan itu.. aku lupa itu aku diumur berapa.. waktu itu aku SD dan masih mengaji di masjid Baitul Makmur mungkin itu kls 2/3? aku benar-benar lupa, maaf.
jadi itu perayaan ulang tahunku yang pertama yang.. kata kata untuk menuliskan aku bahagia saat itu rasanya masih kurang.. coba bayangkan saja anak kecil diusia yang belum genap 10 tahun yang sangat sangat polos diera yang belum ada hp, lebih jelasnya bukan diera kids zaman now tapi diera yang jiwa anak kecilnya benar-benar masih terjiwai, jadi coba bayangkan betapa bahagianya anak kecil diusia dirayakan ulang tahunnya?! lompat-lompat kegirangan sampai ketawa-ketawa lebar tapi sayangnya aku dulu gak sampe kayak gitu.. tapi sama seperti anak kecil lainnya, bahagia banget..
aku masih ingat beberapa kenangan waktu itu, kakak aku nemenin aku datang ke rumah teman teman yang aku tahu dimana rumahnya sambil jalan kaki untuk ngundang mereka, rumah yang gak terlalu jauh dari rumah kami biar mereka bisa datang, soalnya kan ulang tahun aku di hari libur jadi wajar aja aku cuman bisa ngundangnya kayak gitu dan cuman dikit yang bisa datang, tapi aku tetap bahagia. sebenarnya yang paling spesial di hari ulang tahunku saat itu adalah saat kakak aku nemenin aku ngundang temen temen aku.
oke, agak lama sih nunggu mereka yang aku undang datang kerumah, karena mereka mesti mandi dlu dan blm lagi waktu perjalanan kerumah dan ternyata ad yang gak bisa datang jadi yang ada waktu itu cuman 4 atau lima orang kalo gak salah. mama ngebuatin aku kue ultah yang lumayan besar dan makanan yang enak. aku niup lilinnya disaat teman teman udah selesai nyanyi lagu selamat ulang tahun terus aku sama teman teman main bareng diruang tamu bareng kakak dan mama (aku nangis ingat ini, aku rindu mama dan kakak) pokoknya kita seru-seruan ketawa-ketawa dan akhirnya mereka pulang dan meninggalkan kado gak semua sih ngasih kado tapi tiba-tiba aku jadi ngerasa kesepian, rumah jadi hening.
dulu aku mikir itu akan jadi pertama dan terakhir ulang tahun aku dirayakan karna sampai di usiaku yang ke 16 ulang tahun aku gak pernah dirayain, kalo gak salah mama biasa bikin kue aja atau makanan enak atau sama sekali gak bikin apa-apa, aku sih gak nuntut asal mama mau buat kue yang buat aja kalo enggak ya enggap apa-apa kadang juga aku minta, kalo minta bakalan mama bikinin kadang sih mama ngeluh tapi akhirnya tetap di bikinin kue ulang tahun, durhaka banget aku dulu ya..memasuki umur 17 tahun di kelas dua SMA, dimana aku memiliki sahabat yang bener-bener sahabat tanpa modus dan tulus. sebelumnya para member (istilah kami waktu itu) kalo ultah selalu dirayain nah aku kan yang paling terakhir dirayaian maklum aja aku lahir di akhir bulan walaupun di tahun lahir yang sama.
aku lupa kasih tahu jadi aku bersahabat lima orang (termasuk aku), nah sebenarnya aku tau ultah aku bakalan dirayain juga tapi aku gak tau apa tema perayaan ulang tahun aku, ya ad sedikit bocoran sih temanya itu pakaian tidur (sumpah dulu tuh sinetron banget) nah ternyata itu beneran, jadi ulang tahun aku kali ini para sahabat aku yang ngerayainnya, mereka yang ngasih aku surprise. RPStar yang ngedekor kamar aku, RPStar bikinin aku kue ulang tahun dan ini bener bener luar biasa banget untuk aku! dikali pertama mendapat sahabat yang bener bener sayang aku dan gak itung itungan sama aku dan mereka mematahkan pemikiran aku yang berpikir kayaknya gak bakalan ada lagi perayaan ulang tahun aku.


di hari itu mereka datang kerumah agak siang ya sengaja ngerjain aku padahal makanan yang dimasak sama mama udah dari tadi siap sampai sampai papa dan kakak aku udah dua kali makan dan mereka selalu nanyak Mana sahabatmu? aku cuman bisa jawab belum datang mungkin sebentar lagi, awalnya aku santai aja karna aku tau mereka lagi ngerjain tapi lama kelamaan walaupun aku tau aku dikerjain tapi akhirnya ada rasa kesal juga dibuat nunggu sampai akhirnya pikiran nethingpun akhirnya muncul juga, please jangan buat perayaan ulang tahun aku ini batal.. dan akhirnya mereka datang bawa kejutan. mereka bawa kue ulang tahun dan kado yang aku gak tau apa isinya pasnya dibuka ternyata baju tidur (jadi cuman aku yang gak punya baju tidur) terus mereka malah nyuruh harus pake disaat itu juga, sumpah aku bahagia banget aku yakin terpancar jelas di wajah aku saat itu setelah itu kita makan bareng di meja makan sambil tiup lilin terus buka kado eh ternyata kado keduanya itu boneka anjing! aku suka banget sama anjing! terus kita semua ke kamar bikin video sok sok korea sumpah ngakak abis kalo aku nonton kembali video waktu itu! terus kita makan mangga di siang bolong mangga masih muda lagi hahaha terus apa lagi ya? terus akhirnya mereka pulang deh hahahaha
memasuki umur 18 tahun (aku mulai capek ngetiknya soalnya sambil tengkurep) umur dimana aku udah kuliah di makassar dengan rintangan yang aku hadapi waktu itu. ulang tahun diumur aku telah ldr dengan keluarga aku, diumur aku harus merantau di kota orang, diumur memulai usia dewasa, diumur membuat aku dek-dekkan akan masa depan, diumur yang aku sadar di kota yang aku tinggal sekarang ini hanya ada sahabat keluarga yang tahu banget soal aku, diumur membuat aku merasa sendirian dan kesepian karena jauh dari keluarga, diumur yang banyak banget berkecamuk di hati aku yaitu perasaan dan cobaan. ultah waktu itu aku tahu gak akan ada lagi perayaan kayak tahun kemarin, aku gak marah, sedih sedikit tapi aku harus bisa menerima dan kembali membiasakan diri (seperti dulu). tapi karena ada sahabat yang paling deket sama aku yaitu fialin, dia tuh sahabat yang selalu memberikan yang terbaik yang dia bisa untuk rpstar, aku bangga sama kasih sayangnya. dia udah bilang beberapa hari yang lalu mau ngerayain ultah aku tapi tetep mesti aku yang bayar ya karna aku yang ultah, jadi aku mengiyakannya.

Kue Dari Mama

sebenarnya waktu itu, yang masih ada (belum balik ke poso) dulu dilla sama fia tapi dillah belum boleh kemana-mana jadi cuman fia yang bisa nemenin aku. tadinya aku kirain cuman fia yang bakalan ngerayain ulang tahun aku ternyata tanteku beliin aku kue ulang tahun yang enak banget tapi itu karena ternyata mama yang minta tolong (aku gak nyangka mama sampai segitunya) mama kirain bakalan ada teman teman aku yang datang padahal cuman fia doang soalnya teman teman kuliah udah pada pulkam sampai-sampai mama minta tolong sama tante bikinin mie goreng padahal kalo sebelumnya aku tahu mama bakalan beliin aku kue aku bakalan nyruh gak usah beliin aku gak mau ngerepotin tante.

Kue dari Fia

jadi sebelum pergi ngetraktir fia aku potong kue dulu bareng dua ade sepupuku terus setelah fia datang kami pergi deh ke kfc pilihan fia. dia ngasih aku.. bagaimana ya caranya bilang jadi tuh dia beli biskuit terus biskuit itu dia atur-atur gitu (apa sih namanya) diatas piring yang dia bawah dari rumah terus setelah dia ngerasa udah oke hasil kreasi kue ultah dari biskuit biskuitnya dia naruh juga lilin kecil kecil terus dia nyuruh aku tiup deh hahaha sumpah so sweet banget dan lucunya aku suka kok soalnya waktu itu lagi tren trennya kue ultah dari biskuit walaupun menurut fia hasil kreasinya gak bagus. jadi aku ngerasa ulang tahun aku waktu itu tetap berkesan


nah memasuki ulang tahun ke 19!! dimana fia udah balik ke poso, dimana aku kembali ngerasa gak bakalan ada perayaan karena fia udah gak ada dan aku percaya teman teman aku gak bakalan mau buang tenaga dan materi untuk ngebua perayaan. tapi spesialnya di hari ulang tahun aku, masih ada mata kuliah yang mesti diselesaikan dan di hari foto studio sekelas jadi menurut aku ini emang udah di rencanangkan sama Allah. aku dalam hati senang banget waktu itu karena selama aku bersekolah dari TK, SD, Mengaji, SMP, SMA, Kuliah di tahun kemarin selalu ultah aku pasti libur! jadi aku ada rasa kegeeraan gitu deh bakalan ada yang ngucapin ultah wkwkwkwk.. waktu pagi-pagi di kampus agak sedikit berbeda karena ada yang ngucapin selebihnya semuanya biasa-biasa saja nah setelahnya kuliah kita semua langsung ke foto studio, aku sih tetap ceria seperti biasanya (caelah) pasnya selesai sambil nunggu hasil foto aku tetap nunggu didalam nah pasnya selesai udah mau pulang nih ceritanya eh tiba-tiba ada yang ngasih surprise..
ternyata ada temen dan mantan (sekelas) datang dari luar rumah foto studionya ngasih kue ultah uu so sweet banget hihihi jadi langsung deh ruangan tiba-tiba rame dengan nyanyian selamat ulang tahun hahaha nah pasnya malamnya setelah bikin acara kecil kecilan untuk teman teman dan mantan yang udah ngasih kue ultah tiba-tiba ada temen yang sempat dekat sama aku waktu itu ngasih kado buku diary dan lolipop dan teman kelas yang (susah ngejelasinnya gimana kedekatanku sama dia) ngasih hadiah juga dan lucunya hadiahnya karena baru pertama kali dapat hadiah kayak gitu sih, dia ngasih hanbody, sampo, odol, sabun pokoknya body care gitu hahaha somplak abis tapi aku tetepa senang karena mereka ternyata perhatian, peduli dan sayang sama aku. makasih ya semuanya..
jreng jreng memasuki umur 20 tahun, tahun dimana aku merasakan kesibukan yang sampai jarang tinggal dirumah yang mesti nginap di sekret atau dirumah teman, tahun dimana aku pusing ngatur antara kuliah dan lomba dan tanggung jawab di organisasi. tahun penuh kesibukanku dan hal-hal baru yang aku dapat mengenai masalah kehidupan, tapi aku beryukur pernah merasakan di masa itu dan merasakan itu. lagi-lagi aku berusaha untuk tidak berharap atau membuat pemikiran tidak ada perayaan ulang tahun biar aku gak kegeeran gitu deh.
jadi beberapa bulan kemarin aku dan beberapa teman yang ikut di lomba yang sama smapai kami mesti dikarantina selama 8 bulan diberi tugas untuk membimbing junior yang akan mengikuti lomba yang sama seperti kami tapi di tingkat fakultas dan di hari ulang tahun aku saat itu adalah hari dimana ternyata milad organisasi yang memberikan aku tugas itu jadi aku mesti datang karena di hari itu juga hasil lomba akan diumumkan siapa pemenangnya. persiapan matang dari dandan (padahal cuma lipstik sama bedak baby), pakaian (padahal cuma kaos persatuan dengan antara pembimbing dan junior gak meah banget malah sangat simpel) dan mental udah aku siapkan dari rumah nah setelah semuanya udah beres aku langsung otw ke sekret juniorku dimana disana uda ada dua temanku yang juga jadi pendamping.
tapi karena lagi di bulan desember berarti di musim penghujan jadi hujan tuh gak pernah berhenti, dari pagi sampai malam disaat itu. jadi kita semua mikir kalo nunggu hujan berhenti itu sama aja berharap sama hal yang gak pasti, hujan pasti berhenti nnti tengah malam berarti saat acara selesai jadi akhirnya kami semua pergi ke hotel tempat milad di adakan, kami semuapun menerobos hujan.
dan kalian tau gimana susahnya rintangan menerobos hujan waktu itu?! aku yang boncengan sama temanku ternyata sama sama gak tau jalan, bego banget aku hahaha terus begonya lagi gak liat maps karena hujan deras banget coy!! akhirnya kami tersesat dan hujan semakin deras dan kami masih tersesat, belok sana, belok sini, mutar sana, mutar lagi, lewat sana, dilewati lagi dan kami pun salah alan malah jalan di tempat banjir dan kami yang maksa untuk lewati karena gak tau dimana jalan keluarnya dan alhasil lagi motor mogok..
than look at we!! kami basah kuyup, bedak luntur, lipstik luntur, sepatu basah, udah mau jam sembilan terus kami masih terjebak hujan, gak tau jalan, jalanan banjir, motor mogok, kami kedinginan dan sempat ada rasa menyerah tapi ini malam yang penting malam dimana pengumuman akan diumumkan, terus terus ini hari ulang tahunku, agak lama kami duduk beristirahat karena lelah akan kebegoanku menunjuk arah jalan akhirnya kami melanjutkan pencarian hotel tersebut karena arahan dari chattingan grup dan ternyata kami cukup jalan lurus doang! cukup jalan lurus aja lagi! kan ngampret! kamipun sampai dengan basah basah dan sedikit menahan emos karena ada beberapa teman panitia yang juga ikut lomba yang sama dengan aku nyuruh cepat buru buru ke hotel padahal dia gak ngerti banget gimana situasinya tapi untungnya aku sabar.
ternyata acara sudah dimulai sejak beberapa menit tadi cukup meriah sampainya acara selesai berarti udah diumumkan siapa pemenangnya (kami gak juara tapi kami jadi panitra terbaik), acara selesai berarti waktunya pulang tapi tiba tiba nama aku di panggil terus di suruh naik keatas panggung sambil tutup mata pasnya buka mata terus tuh malah di kasih pertanyaan yang gaje banget tapi gak lama mata aku di suruh buka lagi dan tada..!!


ada kue ultah di kasi tapi ternyata kue ultah dari milad organisasi hahaha dan junior juniorku juga beberapa teman teman yang ikut lomba waktu itu udah ada di belakangku sama-sama ngerayaain sambil menyanyikan lagu ulang tahun dari slank.. berasa jadi artis dalam semalam atau lebih tepatnya dalam semenit.. makasih teman teman delegasi, organisasi dan juniorku..


kembali aku bersyukur di hari hari sebelumnya aku sering merasa kesepian, di saat aku selama tinggal di kota perantauan aku sering merasa kesepian tapi saat di ulang tahunku Allah selalu menghadirkan orang orang untuk merayakan ulang tahunku.. aku merasa aku tidak sendiri, walaupun sederhana tapi keramaian itu tetap membuatku bahagia.. aku tetap selalu bersyukur bahwa mereka menjadikanku orang yang spesial di hari ulang tahunku.. bukan kado, kue, dan ucapan yang membuat aku bahagia tapi kehadiran mereka.. menemaniku merayakan hari ulang tahunku..happy birthday to me yang ke 21…
di ulang tahunku yang ini aku akan berada di tempat KKN, sekarang sih aku masih ada di dalam kamar lagi mengetik tulisan ini.. aku gak tau apa yang akan terjadi di ulang tahunku yang ke 21, aku gak tau apakah di tempat KKN ku ada jaringannya atau enggak.. makanya aku memosting tulisan ini


sekarang juga untuk rasa syukurku dan terima kasih kepada Allah dan orang-orang yang baik kepadaku.. aku masih tetap gak terlalu berharap ada yang spesial dnegan hari ulang tahunku nanti, tapi tetap ada rasa penasaran yang ada. semoga aku masih diberikan kesehatan..
dan aku telah merenungi yang telah terjadi dalam kehidupan di tahun 2017 ini.. sama seperti tahun kemarin, ada perasaan dan cobaan yang aku alami tapi setiap tahunnya akan beda kejadian yang aku rasakan maka hikmah yang aku rasakan di tahun ini berbeda dengan hikmah di tahun tahun kemarin..aku tidak bisa menuliskan semua yang aku rasakan disini..
karena lenganku capek memopang badanku yang mengetik sambil tengkurap, karena aku yang untuk beberapa perasaan dan cerita aku lebih suka memendamnya tanpa harus memberi tahu semua orang lagi, aku hanya menyampaikannya melalui doa. aamiin.
(aku nyadari lagi aku bahagia bisa menyelesaikan tulisan kali ini dan bisa menjelaskan apa yang ingin aku ceritakan! biasanya sih aku gak pernah bisa menyelesaikan tulisanku kalopun ada tulisan yang terselesaikan pasti hasilnya gak bikin aku puas!!! one fine tonight!! kekuatan orang yang mau ultah kali ya..)
ditulis tahun dua ribu delapan belas
dan dibaca kembali di tahun dua ribu sembilan belas, dimana ulang tahun ke dua puluh dua telah berlalu enam bulan yang lalu.
Tahun ini akhirnya berulang ulang tahun bersama keluarga. tak ada kado dan perayaan dari keluarga hanya selalu ada masakan spesial dari buatan mama.
Alhamdulillah saya syukuri, tahun itu saya berhasil lulus tepat waktu, kembali berkumpul dengan keluarga dan mendpatkan kerja. Terima kasih ya Allah Swt.
Setelah meninggalkan kota perantauan, saya pikir saya tidak akan punya teman lagi. Karena semua teman terbaikku ada disana.
Ah bodohnya! Egoisnya! Pikun! Saya masih punya RPStar! Sahabat dari SMA! Tia dan Fia masihs setia pada tradisi ulang tahun RPStar! Mereka berdua datang membawakan kue ultah untukku! Terima kasih Sahabatku!
Saya senang dan bersyukur, saya tidak merasa kesepian lagi.


The End 2018

Komentar